Minggu, 18 Maret 2012

Sekilas tentang E-Marketing


Haloo temand.. setelah aku mencari beberapa artikel mengenai Internet Marketing aku menemukan banyak pengertian yang sebenarnya mempunyai arti satu yaitu melakukan kegiatan pemasaran melalui internet, jadi melalui internet kita bisa menjual apa saja yang kita ingin jual atau pasarkan. Kita harus memiliki sebuah web (bisa berupa blog) yang dapat kita gunakan sebagai tempat untuk memajang (atau mempromosikan) produk yang akan kita jual. Dalam Internet Marketing ini kita dapat memasarkan produk kita sendiri, atau bisa juga kita jual produk barang atau jasa milik orang lain, dalam hal ini kita disebut sebagai seorang afiliate marketer.

Ada banyaaaakkk keuntungan loh kalo kita mau berbisnis secara online, diantara nya 
  • kita tidak akan terikat oleh tempat dan waktu, jadi dimana dan kapaaannn saja kita bisa menjalankan bisnis ini
  • pangsa pasar kita juga bisa mendunia maksudnya dari orang yang ada diseluruh dunia, kan yang menggunakan internet ini bisa dari berbagai negara^^
  • kita juga hanya mengeluarkan modal yang terbilang kecil dibanding dengan bisnis-bisnis dalam kehidupan nyata... tidak perlu biaya sewa tempat yang harganya bisa berjuta-juta gtu de..
Dalam bisnis online ini terdapat banyaaaakkk cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa kita di internet. Salah satu caranya ialah menggunakan SEO (SEO ini bisa didapatkan secara cuma-cuma loh alias gratissss...hihihi tapi ya kita tetap harus tau cara pakai nya...).

Sekarang apa sih itu SEO ?? SEO atau Search Engine Optimization ini ialah cara yang digunakan agar web yang kita buat ada dihalaman pertama search engine bahkan kalo bisa ada di peringkat satu, karena web yang kita buat dihalaman pertama web kita akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak tentunya, karena para pengunjung search engine biasanya hanya melihat halaman satu atau dua saja, halaman-halaman selanjutnya jarang dilihat..(hal ini berdasarkan pengalaman pribadi juga...heehe). Niiihh beberapa fungsi dan tujuan dari SEO itu sendiri... pertama, SEO dapat menaikan page ranking kita di search enginge, jadi website yang kita buat dapat muncul di halaman pertama dan bahkan diperingkat satu. Kedua SEO juga berfungsi untuk mendatangkan pengunjung ke website kita melalui search engine, sehingga kita dapat meningkatkan pencapaian target penjualan, selain itu juga dapat meminimalkan biaya pemasaran kita karena kan kita hanya butuh kompputer yang terkoneksi internet, kita tidak membutuhkan tempat, ataupun biaya sewa yang mahal jika kita menekuni bisnis online ini. 

Dalam SEO ini, terdapat 2 jenis ada ON PAGE dan OFF PAGE. Saya si masi belajar sedikit mengenai kedua hal itu si, sekedar pengertiannya jadi kalo SEO ON PAGE magsudnya cara yang dilakukan dengan membuat halaman situs kita semenarik mungkin dimata search engine. Kalo yang OFF PAGE ni bertujuan untuk mngumpulkan link sebanyaaakkk mungkin ke arah situs kita, gitu.. nah caranya dengan bertukar atau berbagi link dengan teman2 misalkan melalui media2 seperti facebook, friendster, twitter atau yang lainnya.

Nah bagaimana caranya agar dapat menarik banyak pengunjung untuk singgah ke situs kita?? ada banyak cara dari yang bayar, sampai yang gratisss.. yang bayar pake iklan PPC, atau bahkan iklan TV, iklan di okezone.com. Kalo yang gratis tu SEO, seperti yang dibahas di atas, SEO ini kan bertujuan agar web yang kita buat berada di halaman pertama bahkan di ranking pertama, jika blog atau web kita berada di urutan paling atas, tentu dengan sendirinya akan banyak pengunjung yang melihat web atau blog yang kita buat ini.. nah dalam SEO terdapat beberapa cara yaitu 
  1. Kita mengumpulkan banyak backlink, maksud dari backlink ini ialah web atau blog kita berada di web   atau blog orang lain. Caranya kita bisa memberi komentar di blog atau situs orang lain, ataupun kita kita bisa menjadi penulis tamu pada blog atau web orang lain..^^
  2. Melakukan ping, maksud dari ping disini ialah kita menguji apakah kita terhubung oleh mesin pencari ini, jadi dengan ping ini kita dapat mempererat hubungan blog kita dengan search engine tersebut.
  3. Melakukan plugin SEO.

sumber: 
Internet Marketing:
http://yurosie.blogspot.com/2011/08/pengertian-internet-marketing.html
http://www.metris-community.com/kelebihan-bisnis-online/
http://pengusahaonline.net/pengertian-internet-marketing-1.html
SEO :
http://blogs.mervpolis.com/roller/yudhy/entry/tips_seo
http://www.metris-community.com/definisi-seo/
http://masihinginbelajar.blogspot.com/2012/03/pengertian-seo.html#axzz1pTmICgIX
Cara Mendatangkan Visitor :
http://www.linggau-blogservice.com/bagaimana-cara-mendatangkan-pengunjung-toko-online/
http://www.linggau-blogservice.com/google-ping-tips-seo-wajib/
http://daftarweb.net/cara-mendatangkan-pengunjung-ke-website.html
http://daftarweb.net/cara-mendatangkan-pengunjung-ke-website.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar