Sabtu, 31 Maret 2012

AFILIATE


Saat saya pertama mendengar mengenai bisnis di Internet atau sering disebut Internet Marketing, saya mendengarkan video training untuk proses belajar kemudian disitu dijelaskan mengenai AFILIATE,  setelah mendengarkan itu saya tertarik menjadi seorang AFILIATE marketing.(hanya ingin berbagi kisah saja si) hehe..
 
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai AFILIATE, apa yang dimaksut dengan AFILIATE, bagaimana menjadi seorang AFILIATE, tips sukses menjadi seorang AFILIATE. Pertama-tama apa yang dimaksut dengan afiliate, afiliate adalah seorang yang mempromosikan produk (baik barang ataupun jasa orang lain di blog atau website yang dia punya, nah kalo ada pengunjung pada web yang dia buat itu dan pengunjung tersebut membeli barang yang dia promosikan maka seorang afiliate akan mendapatkan penghasilan dari hasil kerja nya mempromosikan barang itu. Seorang AFILIATE akan mendapatkan komisi dari si empunya produk.

Menjadi seorang AFILIATE memiliki beberapa keuntungan, diantaranya kita bisa mendapatkan uang dengan mudah, dengan modal yang sedikit juga, kita tidak perlu membuat produk sendiri, kita hanya perlu mempromosikan produk orang lain, kita juga tidak terikat waktu dan tempat, jadi dimanapun dan kapan pun kita bisa tetap berkerja, jadi enak kan menjadi AFILIATE..hehehe.. aku juga pengen nyoba, tapi  masi harus ngerti ini itu..mulai dari membahas apa AFILIATE, bagaimana, dan lain lainnya..

Setelah mengetahui apa itu AFILIATE dan keuntungan menjadi seorang AFILIATE, tentunya kita juga ingin tau bagaimana sih caranya menjadi seorang AFILIATE itu, nah setelah saya banyak membaca, pertama-tama sebelum menjadi seorang AFILIATE, kita harus pandai-pandai memilih program afiliate yang tepat, nah beberapa tips dalam memilih program afiliate yang tepat antara lain:
  1. Buat Daftar Afiliate Program. Jadi kan ada banyak nih afiliate program yang ditawarkan melalui internet, nah kita hendaknya mendaftar program afiliate mana yang kita sukai (mungkin bisa diliat dari komisi yang diberikan atau bisa juga dari kesenangan atau hobi kita)
  2. Lengkapi data dan fiturnya. Setelah mendaftarkan program2 afiliate, ada baiknya kita melengkapi data kita dengan fitur-fitur yang mereka janjikan ke kita.
  3. Bandingkan. Dengaan catatan yang lengkap tadi mengenai beberapa program afiliate, kemudian kita bandingkan antar satu program dengan program yang lain, dan kita pilih tuh yang paling banyak memberikan kita keuntungan suatu saat nanti.
  4. Perhatikan Komisi. Tujuan kita menjadi AFILIATE kan mendapatkan komisi, jadi penting juga bagi kita memperhatikan komisi yang akan diberikan.
  5. Aturan Komisi. Walaupun komisi menjdai tujuan kita. Namun, kita juga harus memperhatikan aturan komisi dari tiap program afiliate. Biasanya ada tiga hal yang menjadi acuhan bagi si pemilik program afiliate, yaitu penjualan, hits, dan impresi. Penjualan ini ketika seorang mengeklik bener atau iklan dan melakukan pembelian terhadap produk yang diiklankan tersebut. Hits maksudnya ketika seseorang mengeklik benner atau link teks. sedangkan Impresi ialah jumlah orang yang melihat link.
  6. Transparan. Program Afiliate yang baik juga harus transparan, jadi kita sebagai seorang afiliate bisa melihat hasil yang didapat serta dapat mengoreksi diri, sejauh mana promosi yang ia lakukan dapat menarik pembeli.
  7. Aturan Pembayaran. Kita juga perlu mengetahui aturan-aturan mengenai pembayaran nya, kapan dan bagaimana pembayaran dilakukan. Dua minggu sekali atau Satu bulan sekali, dan melalui cek, PayPal atau transfer bank.
  8. Track Record. Kita juga harus mengetahui perjalanan bisnis dari afiliate program yang kita pilih. Sudah brapa lama berdiri, Produk apa saja yang dijual, Brapa banyak pengunjungnya.
  9. Telusuri Forum. Forum-forum mengenai program afiliate ini dapat membantu kita untuk membuat keputusan, dan kita juga bisa membaca pengalaman, saran dan kritik dari suatu afiliate program. namun ada baiknya juga kita tidak 100% percaya pada forum-forum, sisakan ketidakpercayaan untuk mencari tau sendiri kebenarannya.
Nah itu tadi beberapa tips yang harus diperhatikan kita-kita saat ingin memilih program afiliate. 

Sekarang bagaimana menjadi seorang AFILIATE? caranya ialah memilih program afiliate yang tepat dan daftarkan diri anda menjadi anggota. Salah satu contohnya ada clickbank.com ada juga amazone.com. dua perusahaan ini memiliki puluhan ribu produk yang memungkin kan anda untuk memilih produk mana yang akan anda promosikan, kalo clicbank dia akan memberikan komisi melalui cek ke rumah anda).
  • Mendaftar. Anda harus memiliki situs atau web yang telah disetujui untuk mempromosikan produk afiliasi.
  • Setelah mendaftarkan diri Anda, Anda dapat memilih produk mana yang akan anda promosikan
  • Setiap perusahaan atau produk biasanya sudah memiliki benner atau teks yang berkaitan dengan produk yang anda promosikan
  • Anda tinggal menyalin itu di website yang anda punya
  • Setelah itu semua dilakukan Anda tinggal melakukan promosi untuk mengunjungi website dan melakukan pembelian pada produk yang anda tawarkan itu.
  • Sudah deh, Anda akan menghasilkan uang dari kerja Anda ini.^^
Begitulah kira-kira yang saya pelajari tentang bagaimana cara menjadi seorang Afiliate. Oiya saya juga mau membahas bagaimana pola yang diterapkan merchant(pemilik produk) agar para afiliate ini mendapatkan keuntungan atau uang dari afiliate program yang diikutinya, antara lain :
  1. Pay per Sale yaitu pengunjung membeli produk yang ditawarkan oleh afiliate. Begitu pengunjung melakukan transaksi melalui web kita, maka kita akan lansung mendapatkan komisi. komisi ini bisa dengan persentase atau ada juga yang menggunakan komisi dengan jumlah nominal tertentu. Kalau yang persentase biasanya pada bisnis retail atau eceran, sedangkan yang menggunakan komisi adalah yang menjual web hosting, online dating, dll.
  2. Pay per Lead yaitu pengunjung mengisi formulir. Pada hal ini sering digunakan untuk yang bergerak dibidang asuransi, pegadaian.
  3. Pay per Action yaitu  pengunjung mendownload atau menginstal atau menggunakan produk layanan merchant.
  4. Pay per Klik yaitu afiliate diberi komisi saat ada pengunjung yang mengeklik link nya
 Ada lagi yang mau dibahas pada kesempatan ini, yaitu bagaimana menjadi seorang AFILIATE yang sukses dan berhasil, antara lain:
  • Mau selalu belajar
  • Pantang menyerah
  • Tetap optimis
  • Disiplin
  • Luangkan waktu dan Berusaha setiap hari^^
Nah itu semua yang sekiranya dibahas dalam kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua^^. Sampai Jumpa....

Sumber:
http://www.jokosusilo.com/2008/06/19/bagaimana-menjadi-affiliate-marketer-yang-andal/
http://www.jokosusilo.com/2008/06/12/bagaimana-cara-affiliate-mendapatkan-uang/
http://www.jokosusilo.com/2008/03/09/9-langkah-memilih-affiliate-program-yang-tepat/
http://panduanbelajarclickbank.blogspot.com/2011/03/menjadi-affiliate-marketer-di-clickbank.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar